Samsung Galaxy S Advance, Penerus Galaxy S dan S II

Samsung kembali memperkenalkan smartphone terbarunya. Vendor asal Korea Selatan ini, tetap mengusung seri Galaxy S. Sebelumnya Samsung telah memasarkan Galaxy S dan Galaxy S II yang menjadi produk terlaris pada tahun 2010-2011, kali ini Galaxy S Advance meneruskan kesuksesan dari kedua seri Galaxy S pendahulunya. Kejayaan Samsung setahun belakangan ini, memang menempatkan posisinya di peringkat pertama untuk smartphone terbaik. Bahkan, hingga menggeser produk smartphone keluaran Apple yaitu iPhone.

Tak tanggung-tanggung, untuk bisa bersaing dengan produk smartphone dari vendor lain, Samsung selalu rajin memproduksi dan memasarkan smartphone’s terbarunya. Anda pasti yang mengikuti informasi seputar gadget di Indonesia, sudah tahu produk-produk tersebut. Tadinya Samsung sengaja memasarkan Galaxy S Advance, sebagai persiapan menjelang kedatangan seri Galaxy S yang paling baru yaitu Galaxy S III di Tanah Air. Dan pada tanggal 2 Juni 2012 kemarin Galaxy S III akhirnya di jual perdana ke pasaran, dan launchingnya diadakan di Central Park Mall, Jakarta Barat.

Dilihat dari bodynya yang agak sedikit melengkung pada bagian bawahnya, Galaxy S Advance selintas mirip dengan salah satu produk smartphone dari HTC. Bentuknya cukup tipis, meski tidak seramping Galaxy S II, dengan ketipisan sekitar 9,69 mm. Selain itu, bobotnya juga cukup ringan ketika di genggam, sehingga konsumen tidak akan merasa seperti membawa beban. Bahan materialnya dominan dari plastik, sehingga tidak terasa solid saat berada di tangan, namun, tampilan candybarnya cukup eye catching.

Layar sentuh Galaxy S Advance cukup lebar, sekitar 4 inci. Teknologi yang digunakan adalah salah satu teknologi layar yang banyak digunakan Samsung untuk ponsel pintar highendnya terkini. Super AMOLED, yang sudah tentu menawarkan tampilan yang akan memuaskan, tajam, dan terang dalam situasi serta kondisi apapun. Sayangnya, resolusi yang dihasilkan cukup standar, 480 x 800 piksel. Namun, resolusi tersebut cukup mampu memuaskan para penggunanya. Selain itu, layarnya juga dibekali oleh teknologi pelindung, Corning Gorilla Glass.

Sementara untuk fasilitas multimedia dari sisi kamera, perangkat ini dibekali oleh dua kamera. Pada bagian belakang yang merupakan kamera utama, tersedia kamera sebesar 5MP dengan berbagai fitur yang cukup menarik, termasuk LED flash dan perekam video berbasis high definition (HD) berkapasitas 720P. Sedangkan dibagian depan tersedia kamera 1.3MP yang bermanfaat untuk video call.

Pada bagian dalamnya, perangkat ini dijejali dengan chipset Cortex A9 dual core sebesar 1GHz. Untuk diketahui, chipset ini buatan Samsung. Didukung oleh RAM 768MB, ROM 2 GB, dan kapasitas memori internal yang bisa dipilih, 8GB atau 16GB, tentu saja harga yang ditawarkan pun berbeda. Namun, pengguna bisa mengupgrade kapasitas penyimpanannya itu, karena Galaxy S Advance menyediakan slot micro SD yang mampu mendukung penggunaan memori hingga 32GB. Dan sistem operasinya menggunakan Android Gingerbread. [@riefamouz dan Vivi]

Untuk lebih lengkapnya, berikut spesifikasi Samsung Galaxy S Advance :

Jaringan : 2G GSM 850/900/1800/1900, 3G HSDPA 900/1900/2100

Layar : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 800 piksel, 4.0 inches

Kamera : 5 MP, autofocus, LED flash, Geo tagging, touch focus, face and smile detection, kamera sekunder 1.3 MP

OS : Android v2.3 Gingerbread

Processor : Dual core 1GHz cortex A9

Memori Internal : 8GB/16GB storage, 768 RAM, 2GB ROM

Micro SD : Up to 32GB

Konektivitas : GPRS class 12, EDGE class 12, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, Micro USB v2.0, HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps

Baterai : Standard battery Li-Ion 1500 mAH

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: